Aceh Siap Menjadi Tuan Rumah PON 2024 Bersama Sumatera Utara

Home / Aceh Siap Menjadi Tuan Rumah PON 2024 Bersama Sumatera Utara

Berita aceh – Pada pertengahan tahun 2017 kemarin, perwakilan Aceh dan Sumatera Utara yaitu Sekda Aceh Darmawan dan Wakil Gubernur Sumut Hj. Siti Khadijah Marpaung bersama-sama mendaftarkan provinsi Aceh dan Sumatera Utara untuk menjadi calon tuan rumah bersama PON tahun 2024 di kantor KONI Pusat, Jakarta. Pada saat mendaftar, kedua provinsi telah mendapat dukungan dari 19 provinsi lain dalam bentuk tertulis dan sampai bulan Februari 2018 ini jumlah dukungan sudah bertambah menjadi 25 provinsi.

Pihak Aceh sendiri sangat optimis bahwa Aceh dan Sumatera akan lolos menjadi tuan rumah 2024. Panita pemenangan PON XXI /2024 Provinsi Aceh telah menyiapkan venue-venue yang akan menjadi tempat penyelenggara olahraga dengan sebaik-baiknya agar lolos verifikasi yang akan diselenggarakan pada tanggal 5-7 Maret 2018 oleh KONI Pusat. Rencananya venue-venue yang akan ditinjau dan diverifikasi adalah venue yang berada di Kota Banda Aceh, Kabupaten Pidie, Kabupaten Bireuen, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, dan Kabupaten Aceh Besar. Keenam kabupaten akan ditinjau oleh tiga tim verifikasi dari KONI Pusat.

Venue-venue yang ada di Provinsi Aceh akan digunakan untuk 28 cabang olahraga begitu juga dengan venue-venue di Provinsi Sumatera Utara digunakan untuk 28 cabang olahraga. Salah satu syarat lolos verifikasi sebagai tuan rumah PON adalah persiapan venue di masing-masing calon tuan rumah harus sudah mencapai minimal 30 persen. Aceh optimis lolos verifikasi karena persiapan venuenya bahkan sudah jauh melebihi batas minimal persyaratan. Muhammad Nasir selaku wakil panitia pemenangan PON 2024 Aceh-Sumut bahkan berani menyatakan bahwa venue-venue di Aceh siap digunakan kapan pun KONI memutuskan mengadakan PON di sana karena persiapan venue-venue tersebut sudah mencapai 70 persen.

Selain menyiapkan venue, panitia pemenangan PON 2024 Aceh juga sudah menyiapkan segala keperluan menghadapi verifikasi seperti persiapan penjemputan tim verifikasi KONI Pusat, makan malam penyambutan, rapat, presentasi Aceh sebagai calon tuan rumah bersama PON 2024, dan persiapan peninjauan dan verifikasi venue yang dilakukan tim KONI Pusat. Mari kita tunggu saja bagaimana hasil verifikasi awal bulan depan.